“ Lindungi Bumi Seruyung dengan tidak membakar Hutan”



“ Lindungi Bumi Seruyung dengan tidak membakar Hutan”

Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam. Bahkan hal ini telah diatur oleh UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi “Bumi, Air, dan kekayaan alam yang terkadung didalamnya dikuasi oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Kita menyadari bahwa manusia merupakan satu kesatuan dari lingkungan yang tidak dapat dipisahkan.
Indonesia menyimpan banyak sumberdaya alam. yang didalamnya terdapat dua komponen yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen-komponen penyusun ekosistem yang berupa mahluk hidup seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, pepohonan dan mikroorganisme lainnya. Komponen abiotik adalah komponen-komponen penyusun ekosistem yang berupa benda mati seperti logam, minyak bumi, gas alam, tanah dan air.
 Sumberdaya alam merupakan segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan manusia dan pemenuhan ekonomi di Indonesia. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri diseluruh Indonesia, sehingga pertambangan di Indonesia juga semakin banyak, salah satunya adalah Jresources Nusantara. Jresources Nusantara adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan mineral emas. Jresources Nusantara memiliki beberapa anak perusahaan yang tersebar di Indonesia. Salah satu anak perusahaan Jresouces Nusantara adalah PT. Sago Prima Pratama yang teletak diwilayah Kalimantan Utara yang secara geografis berdekatan langsung dengan perbatasan Malaysia Timur yang disebut Seruyung.
Seruyung memiliki luas berada di antara 117o10’0.00” – 117o15’53.32” Bujur Timur dan 3o53’42.00” – 3o56’18.00” Lintang Utara dengan luas keseluruhan 3.560 hektar. Kini kita ketahui Seruyung juga memiliki pepohonan dan tanaman dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan serta beraneka ragam hewan yang ada didalamnya, hal ini terlihat dari tanaman dan pepohonan yang tumbuh di wilayah Seruyung serta disepanjang jalan menuju mess. Kelestarian tersebut seharusnya sudah menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga kerusakan lingkungan hidup tidak hanya merugikan kita, namun juga tidak merugikan mahluk hidup lain. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup disekitar kita sesuai dengan kapasitanya masing-masing. Sekecil apapun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya lingkungan untuk generasi masa depan.  Kita sendiri pasti akan merasa tidak nyaman apabila lingkungan kita rusak dikarenakan rusaknya lingkungan akibat gundulnya hutan maupun pembakaran hutan. Akibat dari gundulnya hutan panas yang melanda, kekeringan terjadi, bahkan bisa menyebabkan longsornya tanah, serta menyebabkan pemanasan Global atau Global Warming.
Sebagai pekerja tambang seruyung yang cerdas. Marilah kita berusaha menyelamatkan lingkungan Bumi Seruyung dengan melalui kedisiplinan kerja yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan tidak membakar hutan tidak membunuh hewan-hewan liar serta tidak membuang sampah disembarang tempat, ini semua sudah menjadi tanggung jawan kita bersama. Dalam hal ini mari kita lestarikan bumi Seruyung dengan meningkatkan penghijauan yang telah dilakukan dalam upaya one man one tree. Hal ini nantinya kan menjelma dalam perilaku dan tindakan sehari hari. kerangka etos ini menyangkut semua bidang disemua Department, begitu kompleksnya mentalitas kedisiplinan kerja serta keselamatan kerja melintas pada semua pekerja, sehingga lambat-laun akan menjadi karakter mulia yang pada gilirannya mampu membangun tiga dimensi yaitu pekerja yang sehat, pekerja yang cerdas dan pekerja yang mampu menjaga lingkungan agar lebih baik.
Jadi, ada baiknya mulai dari sekarang kita memperhatikan tempat kita bernaung selama kita masih menginjakkan kaki dinegeri Seruyung ini. Dengan demikian pengembangan PT. Sago Prima Pratama ke depan diupayakan untuk mengoptimalkan pemanfaatn berbagai sumber daya yang ada. Berbagai upaya penanggulangan yang dilakukan oleh enviro, harus kita dukung agar program yang dilaksanakan akan terlaksana dengan baik. Dan yang paling penting adalah kita dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan.

Seruyung aman yess…..!!!!!

#Liae
#F
#TRF

Postingan Populer