Nikah Muda atau Cerai Muda

     
        Sudah Bukan Rahasia lagi untuk menikah muda, dijaman sekarang ini menikah tidak lagi menjadi   keraguan bagi muda mudiPokonya asal cepat nikah sebar undangan urusan nanti yah nanti, memang menikah muda adalah pilihan setiap insan.namun menikah bukan solusi dari semua masalah.
        Dijaman sekarang ini, menikah diusia mudah tidak lagi menjadi hal yang tabu dan asing. menikah usia muda sangat didambakan serta menjadi impian bagi insan, tentunya dari kaum hawa. namun sepertinya hal ini tidak berlaku deh buat aku,, aku lebih mementingkan karir TITIK. menurutku itu lebih utama, karena mempunyai finansial sendiri akan jauh lebih baik, dan bisa memberi tanpa harus meminta sama suami dulu. Tidak ada salahnya kan aku menjalani karirku berusaha mengumpulkan pundi pundi harta yang buanyak, sampai pada akhirnya timbul pertanyaan sebanyak apa, baru aku kan menikah???? hehehehe

Ada salah seorang teman kantor yang mengajukan pertanyaan katanya giini "sampai sedewasa apa dirimu mbak liae baru kau akan menikah??" yah,,, ini karena sebagian admin yang lain sudah melepaskan masa lajang mereka.. timbullah pertanyaan ini sampai kapan???

       Mungkin mereka ada benarnya, namun ada salahnya juga. karena pada kenyataanya banyak yang gagal membina rumah tangga yang bahagia, aktualnya yang kita lihat bagi sebagian yang lain dengan menikah muda malah menjadi bencana dalam hidupnya. setelah menikah malah bingung memikirkan kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, belum lagi jika suami mempunyai kasih sayang yang besar,, (maksudnya wanita lain juga disayang, saking rasa sayangnnya yang begitu besar sehingga bagi-bagi kasih sayang ckckckckc). Menikah hanya bermodalkan cinta? kayaknya harus dipikir ulang deh. memang benar tanpa cinta juga akan hampa, namun bukankah membina cinta akan lebih baik?? sebagian lagi menikah dengan alasan agar Halal, (ini mah alasan ello doank untuk menghalalkan seks aja) atau yang lebih ektrim lagi, menikah karena sudah ********* ?? oh... ini apalagi TIDAAAAAAAAK..
      Menikah adalah proses kompleks yang sangat melibatkan fisik, mental, dan keberanian. dalam menempuh kehidupan yang berbeda. saat sudah memutuskan untuk MENIKAH, saat itulah seseorang akan memvariasikan hidupnya dengan mencoba menjadi bagian dari hidup orang lain, dan menjalin hubungan yang beasaskan saling melengkapi untuk mencapai suatu kebahagiaan yang ditempuh bersama-sama.
        Memang ada beberapa manfaat dengan menikah Muda  misalnya :
1. Romantis, Menikah adalah bukti cinta sejati ia adalah lambang dari romantisme yang hakiki.
2. Membangun Keseimbangan Awal, Usia muda ini jiwa mulai bergejolak, sehingga ada patner ketika menghadapi kesulitan.
3. Saat terbaik untuk saling menyesuaikan, dengan usia muda dapat saling menyesuaikan karakter
4. Menjauhkan diri dari Zina, 
5. Usia anak dan ibunya tidak terlalu jauh, sehingga ketika anaknya desawa bisa terlihat seperti adik. 
        Namun apakah ini semua terjamin dengan menikah muda??? tentunya tidak bukan,  tidak menutup kemungkinan bagi yang usianya masih muda malah didapati pemikiran yang belum dewasa dan mental yang tidak siap. Sehingga pilihan menikah mudah malah akan menjadi masalah kedepannya, dikarenakan belum mempersiapkan diri dan pengetahuan tentang pernikahan itu sendiri.
       
         Dampak dari menikah diusia muda
1. Masa muda akan hilang. apalagi setelah memiliki anak indahnya masa muda akan  berakhir dikarenakan repotnya dalam mengurusi dan menyusui bayi. apalagi ketika memiliki anak banyak?
2. Ketidaksiapan mental maupun psiskis. kesiapan menikah muda, siap tidak hanya dengan mengakatan "iya aku siap" namun hal ini sejalan dengan kedewasaan dan kesiapan menerima pasangan dari A-Z dan dari 0-9 hal ini harus benar benar siap, dikarenakan setelah menikah barulah akan kelihatan sifat asli dari pasangan, diawal pacaran mungkin terlihat sempurna namun dengan seriringnya jalan perlahan-lahan sifat dan karakternya terlihat didepan mata.
3. Emosi yang masih labil, sehingga sering terjadi kekerasan psikis.
4. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang parenting
5. Kurangnya pemahaman tentang pernikahan itu sendiri.

         Menikah memang mententramkan,,  bagi yang paham betul arti pernikahan dan mengaplikasikan diri dari wujud namanya seorang suami atau istri, namun tidak mententramkan bagi dia yang belum siap menerima kekurangan pasangan. sehingga banyak yang terjadi perceraian dikemudian hari. pada akhirnya saling menjatuhkan satu sama lain. hal ini disebabkan kurangnya kesiapan dan pengetahuan tentang pernikahan itu sendiri. nah loe.... akhirnya inilah yang disebut MENIKAH MUDA ATAU AKAN CERAI MUDA???? hayooo

         Pernikahan bukan solusi yang serta merta menuntaskan semua persoalan hidup bagi pasangan belia. kesiapan mental dan fisik akan menjadi masalah bagi pasangan tsersebut, tidak semua orang sukses menjalani pernikahannya. kenyataan yang ada Sering kita jumpai saat ini masih muda dengan status janda. Di Indonesia Kasus perceraian setiap tahunnya meningkat, data kementrian agama menunjukkan banyaknya perceraian sepanjang lima tahun terakhir ini dengan berbagai kasus. maraknya perceraian menjadi pilihan bagi pasangan yang telah sepakat untuk mengakhiri rumah tangga mereka dikarenakan ketidakharmonisannya rumah tangga yang telah dibangun bersama. tidak bisa menerima kekurangan satu sama lain, sehingga komitment yang pernah dibuat bukan lagi menjadi pegangan.

Sehingga hal ini yang menjadi pertanyaan MENIKAH MUDA ATAU CERAI MUDA?? 

Untuk kamu yang sudah meminangku, sabar sedikit lagi yah.. aku belum memutuskan untuk menikah dikarenakan aku harus siap secara keseluruhan. siap akal, siap hati, dan siap anggota tubuh keimanan dan amal shalih, Intinya mencankup seluruh ketaanku untuk menjadi seorang istri  serta menjalankan perintah Allah secara total dalam seluruh aspek kehidupan. heeee sabar disayang tuhan dan aku...

Seperti Doa yang selalu aku panjatkan untuk kamu yang jauh disana, 

Ya Rabbi, Aku berdoa untuk seorang lelaki yang akan menjadi bagian dari hidupku.
seorang lelaki yang sungguh mencintai_mu lebih dari segala sesuatu
Seorang lelaki yang meletakkanku pada posisi kedua dihatinya setelah Engkau
Seorang lelaki yang hidup bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk-Mu
Seorang lelaki yang mempunyai sebuah hati yang sungguh mencintai dan haus akan Engkau dan memiliki keinginan untuk meneladani sifat-sifat agung-Mu.
Seorang lelaki yang mengetahui bagi siapa dan untuk apa dia hidup, sehinga hidupnya tidaklah sia-sia.
Seorang lelaki yang memiliki hati bijak bukan hanya sekedar otak cerdas.
Seorang lelaki yang tidak hanya mencintaiku tetapi juga menghormati aku.
Seorang lelaki yang memujaku tetapi dapat juga menasehatiku ketika aku berbuat salah.
Seorang lelaki yang tidak hanya mencitai dari fisikku tetapi karena hatiku.
Seorang lelaki yang dapat menjadi sahabat terbaikku dalam tiap waktu dan situasi.
Seorang lelaki yang membuatku merasa sebagai seorang wanita ketika berasa di sebelahnya.
Seorang lelaki yang membutuhkanku diriku untuk membuat hidupnya menjadi sempurna 
dan aku juga meminta Buatlah aku menjadi seorang perempuan yang membuat lelaki itu bangga.
Berikan aku sebuah hati yang sungguh mencintai-MU bukan mencintainya sekedar cintaku.
Berikalah sifat-Mu yang lembut sehungga datang dari-Mu bukan dari luar dariku.
Berilah aku tangan-Mu sehingga aku selalu berdoa untuk untuknya.
Berilah aku penglihatan-Mu sehingga aku dapat melihat banyak hal baik dalam dirinya dan bukan hal buruknya saja.
Berilah aku mulut-Mu yang penuh dengan kata-kata kebijaksanaan-Mu dan pemberi semangat, sehingga aku dapat mendukungnya setiap hari, dan aku dapat tersenyum setiap pagi untuknya..


Karena aku tidak ingin Cerai Muda,, TITIK.

Hingga pada akhirnya nanti kita akan merasakan nikmatnya iman karena ridla dengan ALLAH sebagai Rabb dan Islam sebagai Agama serta Muhammad sebagai Rasul...

Postingan Populer